Bayt al-Qur’an Mesir Gelar “Warung Teologi”

NUHIDIYAH.NEWS, KAIRO — Mulai bulan Juli 2017, para mahasiswa alumni Bayt al-Qur’an (BQ)-Pusat Studi al-Qur’an (PSQ) di Mesir akan membuka “Warung Teologi” yang dilaksanakan setiap malam Senin bakda isya. Kajian Ilmu Kalam ini akan diselenggarakan di Sekretariat BQM Jl. Zar’ Nawee, No. 6, Lt. 3 di kawasan Darb El-Ahmar Darrasah, Kairo. “Warung Teologi” ini diadakan guna memperdalam pengetahuan tentang ilmu Tauhid yang merupakan asas keberagamaan, serta sebagai usaha membentengi dari keberakidahan yang menyeleweng, yang telah mulai meluas dan menggerogoti keyakinan banyak umat Islam.

“Ilmu kalam memiliki posisi yang agung dalam keilmuan Islam. Karena ia membahas tentang sifat Zat Yang Mencipta dan Menguasai segalanya, seperti kata Imam Ghazali, Ilmu Kalam adalah induk dari semua keilmuan Islam,” tutur Dewan Syuro BQM, Kiai Nashrullah, atau yang akrab disapa sebagai “Cak Nashr”.

Terkait diselenggarakannya “Warung Teologi”, Kang Amrol Musyrifin, ketua Tanfiziah BQM mengungkapkan, “Jagongan ini merupakan proses pewarasan nalar. Jadi, pentingnya sudah dharuri, tidak bisa ditawar lagi. Kalau saya pribadi, berharap kegiatan ini bisa menjadi ajang konfirmasi dari apa yang sudah didapat dari masyayikh maupun kitab-kitab yang sudah dikaji, terutama kitab-kitab klasik. Karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa akidah atau teologi, bukanlah makanan ringan yang sekali dua kali kunyah, selesai. Untuk mencernanya, butuh proses timbal balik konfirmasi yang tidak sederhana. Nah, saya berharap, warung ini bisa menyuguhkan proses tersebut dengan baik dan benar.”

Ustaz Nasruddin, salah satu yang akan menjadi pramusaji di “Warung Teologi” ini juga menyatakan, “Saya sangat gembira atas diadakannya ‘Warung Teologi’. Karena memang sangat diperlukan oleh mahasiswa saat ini. Juga sebagai wadah yang menarik dan penuh manfaat. Karena, di majelis ini kita akan dipertemukan dengan orang-orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Ada mahasiswa yang hanya sering disibukkan dengan ngaji, ada yang sibuk dengan dunia luar, ada yang memang bidangnya di diskusi, dan lain sebagainya. Karenanya, ini menjadi kesempatan dan momen indah untuk saling bertukar pikiran dan informasi sesama mahasiswa.” (nhd)

Bagi Anda yang berminat turut serta dalam jamuan “Warung Teologi”, silakan hubungi kontak person berikut ini:

+20 109 310 6006 (Muhammad Nuchid)

+20 109 305 4596 (Amrol Musyrifin)

Iklan

2 thoughts on “Bayt al-Qur’an Mesir Gelar “Warung Teologi””

  1. Keren. Saya salut. Dg bljar teologi itu pnting bnget.

    Mungkin itu klo dlm kristen smcam klas PA Doktrin atau Kristologi.

    Lnjutkan mas Nuhid. Biar kita smkin dicerdaskan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s